Kamis, 22 September 2011

PERANAN DAN TUGAS SEKRETARIS

Diposting oleh Nurull Loneliness di 18.37
PERANAN DAN TUGAS SEKRETARIS
“A Secretary assist an excecutive in carrying out the detail o his work. The executive depend ons upon his secretary primarly for assistance in handling the details of communications such as telephoning, telegraphing, filling and duplicating.’’Beamer, Hanna, Popham ( Effective Secretarial Practise).
 Secara general peranan sekretaris menyangkut :
1.        Terhadap atasan :
·         Sumber dan filter informasi bagi pimpinan, dalam memenuhi fungsi, tugas dan tanggung jawab.
·         Assiten/tangan kanan pimpinan dalam mengatur aktivitas perusahaan. Mulai dari administrative sampai human relations.
·         Perantara bagi pimpinan dan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan pimpinan.
·         Alternatif pemikiran dari pimpinan dalam hal penuangan ide-ide.
·         Secret Keeper/pemegang rahasia pimpinan kaitannya dnegan tugas perusahaan.
·         Mediator pimpinan dengan bawahan.
            2.       Terhadap bawahan/karyawan :
    •   Membantu memberikan motivasi kepada karyawan lain.
    •   Mediator antara bahawan/karyawan dengan pimpinan.
    •   Membantu/memfasilitasi bawahan ketika hendak bertemu dengan pimpinan.
    •   Memberikan rasa puas dan bangga kepada bawahan terhadap hasil kerja mereka.
 TUGAS SEKRETARIS
Di banding dengan posisi lain, sekretaris termasuk karyawan yang memiliki multi tugas, di antaranya :
1.        Menurut wewenangnya.
Ø  Tugas rutin. Meliputi pengetikan, making call, menerima tamu, korespondenci, filling, surat menyurat.
Ø  Tugas instruksi. Meliputi penyusunan jadwal perjalanan, making appointment, pengaturan keuangan, persiapan dan penyelenggaraan rapat, arrange schedule.
Ø  Tugas kreatif. Meliputi pembuatan formulir telepon, dokumentasi,mengirim ucapan kepada klien, mengatur ruang kantor pimpinan.
2.       Menurut jenis tugasnya.
Ø  Tugas administrasi.perkantoran. meliputi surat menyurat, pembuatan laporan, filling.
Ø  Tugas resepsionis. Meliputi making call, melayani tamu, menyusul jadwal pertemuan pimpinan.
Ø  Tugas social. Meliputi mengatur rumah tangga kantor, mengirim ucapan selamat kepada relasi, mempersiapkan respsi/jamuan.acara resmi kantor.
Ø  Tugas insidentil. Meliputi mempersiapkan rapat,mempersiapkan pidato, presentasi, dan mempersiapkan perjalanan dinas pimpinan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Administrasi Perkantoran Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting